pulau mungil di utara sumbawa



Pulau Mungil Di Utara Sumbawa


Pulau Sumbawa mungkin tidak sepopuler pulau Lombok atau Bali dalam destinasi wisatanya, namun belakangan ini mulai menjadi destinasi pilihan para pelancong lokal maupun interlokal. Segala macam tujuan wisata seperti pantai, air terjun, gua alam, dusun wisata dan sebagainya dapat ditemukan di Sumbawa. Salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Sumbawa saat ini adalah sebuah pulau yang tak berpenghuni yang bernama pulau Bedil. pulau cantik tak berpenghuni ini hanya seluas sekitar kurang lebih 1 hektar yang diberi nama Pulau Bedil, Pulau Bedil merupakan salah satu dari tiga pulau yang terletak di perairan utara pulau Sumbawa tepatnya di desa Labuan Padi Kecamatan Utan.
Untuk mencapai Pulau ini, pengunjung harus melalui pantai Labu pade, setelah sampai disana kita akan naik perahu nelayan setempat. Dan harganya cukup terjangkau yang hanya di patok Rp 250.000 untuk perjalanan pulang pergi dengan maxsimal 15 orang atau kalau di dibagi sekitar Rp 17.000 per orangnya. Kita akan menempuh perjalanan sekitar 15 menit karena jaraknya yang cukup dekat dengan pentai labu pade itu sendiri. Setibanya di sana kita aka melihat sebuah dubuk yang digunakan oleh nelayan setempat untuk beristirahat, pulau ini tidak berpenghuni jadi sangat nyaman bagi yang ingin menenangkan diri dari pekerjaan atupun kehidupan sibuk di perkotaan.
Selain alam daratanya yang indah, yang menjadi daya tarik utama dari Pulau Bedil adalah alam bawah lautnya. Alam bawah laut Pulau Bedil diketahui memiliki keindahan yang sangat menawan dengan banyaknya terumbu karang cantik beragam warna, selain itu ikan-ikan dengan bentuk yang sangat unik juga sering sekali muncul dan mudah ditemukan. Sehingga ketika anda berkunjung ke Pulau Bedil salahsatu yang harus anda nikmati dan coba lakukan adalah snorkeling. Selain spot snorkling yang indah pulau Bedil ini juga mempunyai keindahan lainnya, pemandangan pohon kelapa yang berbaris rapi seakan-akan menjadi tempat berlindung alami untuk beristirahat dengan pasir yang lembut dan putih membuat kita ingin betah berlama-lama di sana. Menjelang sore hari merupan spot paforit bagi para wisatawan karena suasana sunset yang indah nan menawan. 

Jadi saran saya buat yang ingin berwisata ke pulau Bedil, yang pertama yaitu harus mempersiapkan makanan atau cemilan untuk dibawa agar tidak kelaparan setibanya di sana, karena di pulai Bedil itu sendiri tidak berpenghuni jadi tidak ada yang berjualan di sana. Apabila anda memiliki tenda kecil yang biasanya di gunakan untuk berkemah boleh juga anda membawahnya, agar anda lebi puas bersantai dan serasa hidup di pulau pribadi. Dan berhubung pulau ini tidak berpenghuni jadi anda harus mempersiapkan kantong plastik untuk membawa kembali sampah milik anda sendiri. Agar keindahan pulau Bedil tersebut tidak rusak oleh sampa-sampah yang kita tinggalkan.

 by: Alan Fajar Sukma

Komentar

Postingan Populer